27 Agustus 2017

Cara Merawat Ikan Agar Tetap Sehat

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, Apa saja sih yang perlu di lakukan agar ikan yang kita pelihara tidak mudah terserang penyakit. Sebelum lanjut sebenarnya beda ikan beda penanganan nah kali ini penulis sampaikan beberapa penanganan untuk menjaga agar ikan tetap sehat.

- Ikan jangan terlalu banyak di kasih makan jangan juga sampai kelaparan ya. Idealnya 2x sehari secukupnya saja, usahakan segera mengambil sisa makan jika sekitar 10 menit masih ada sisa makanan. Ikan yang terlalu banyak makan akan menyebabkan pembengkakan lambung serta banyak kotoran yang di hasilkan yang akan membuat kualitas air jadi tidak bagus, efeknya ikan mudah terserang penyakit.

- Rutin mencuci atau mengganti filter aquarium. Filter sebagai penyaring kotoran merupakan sarang penyakit bagi ikan, makanya usahakan secara rutin membersihkan media filter secara berkala 1-2 minggu sekali. Sebelum mengganti filter bersihkan dulu alga atau lumut yang menempel di kaca  menggunakan sponge tunggu sekitar 2 jam supaya alga atau lumut yang baru di bersihkan tersaring, baru setelah alga dan lumut tersaring matikan mesin angkat filter untuk di bersihkan atau ganti yang baru. Dengan rutin membersihkan filter aquarium pastinya dapat mencegah ikan terkena penyakit.

- Ganti air. Usahakan rutin mengganti air dalam aquarium tapi jangan di ganti keseluruhan sisakan 20-30% agar ikan tidak mudah stres. Usahakan air yang baru sudah di endapkan dulu semalam jika menggunakan air pam hal ini berfungsi untuk mengurangi kadar klorin dalam air.

- Pada saat mengganti air tambahkan pula garam kristal untuk mengurangi resiko ikan terkena jamur. Garam kristal yang di maksud beda ya dengan garam dapur. hehe selain garam kristal bisa juga rutin di tetesi methylene blue tapi penggunaan untuk pencegahan jangan banyak" cukup 1-2 tetes saja untuk aquarium ukuran 50x30x35 (Bedasarkan pengalaman pribadi). Fungsi tentang Methylene Blue lanjut di bahas di pengobatan ikan.

- Gunakan heater saat tertentu. Sobat pernah gak merasakan kedinginan pada saat subuh? yaps pada musim tertentu kondisi suhu udara bisa mencapai 20 derajat atau bahkan kurang, kondisi ini berpengaruh juga dengan kesehatan ikan, karena kondisi air juga pasti akan menjadi dingin ada beberapa jenis ikan yang tidak mampu bertahan dengan kondisi dingin. Sebagai pencegahan sobat dapat memasang heater untuk mengatur suhu air agar tidak terlalu dingin.

- Jika sobat pencinta ikan hias beli ikan baru dan akan di campur dengan koleksi ikan yang sudah ada pastikan ikan yang sobat beli dalam kondisi sehat ya. Jika tidak teliti membeli ikan bisa jadi ikan yang baru membawa penyakit dan akan menular kan penyakit ke koleksi ikan yang sudah sobat pencinta ikan hias miliki. Ada baiknya juga ikan yang baru di beli di karantina dulu sekitar 30-60 menit menggunakan obat anti bakteri atau parasit sebelum di masukkan ke aquarium.

Beberapa langkah pencegahan di atas berdasarkan pengalaman pribadi dan juga sharing dengan sesama pencinta ikan hias semoga bisa menjadi referensi bagi sobat untuk merawat ikan yang sobat pelihara. Untuk pengobatan ikan tergantung penyakit yang di derita ada bermacam-macam obat untuk menangani masalah penyakit ikan.

Parasit, Bakteri, Jamur dan stress merupakan faktor utama yang menyebabkan ikan sakit dan akhirnya mati. Pada umumnya kondisi ikan yang tidak sehat di tandai dengan nafsu makan yang berkurang atau bahkan hilang nafsu makan, menyendiri, tidak aktif bergerak dan tanda" lainnya dapat di bedakan dari jenis penyakitnya.
Jika sudah terjangkit penyakit bagaimana dan apa yang harus di lakukan? Untuk lebih jelasnya Baca juga : Jenis-jenis Penyakit Ikan dan Pengobatannya


Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: